Penyedia Pengeboran Sumur Bor Air Tanah dan Geolistrik 2022

No Comments

Sumur Bor Air Tanah

Air merupakan materi di alam yang sangat diperlukan manusia. Selain diperlukan untuk kebutuhan
dasar seperti minum, masak, mandi, mencuci, air juga dibutuhkan dalam proses-proses industri.
Pada umumnya pemenuhan kebutuhan air dilakukan dengan memanfaatkan airtanah dengan cara menggujakan jasa pembuatan sumur bor. Airtanah lebih banyak dimanfaatkan dalam pemenuhan kebutuhan domestik maupun industri karena kualitas airtanah pada umumnya lebih baik dibandingkan dengan air permukaan. Selain itu biaya distribusi
airtanah jauh lebih murah dibandingkan biaya distribusi air permukaan yang sangat tergantung pada keberadaan sungai besar dan curah hujan.

Jenis Jenis sumur bor

jenis sumur bor dibagi menjadi berdasakan fungsi dan kebutuhan nya, spek sumur juga menjadi pertimbangan untuk pembuatan sumur bor karena dari nilai ekonomis dan biaya akan menjadi jauh berbeda, oleh karena itu jenis nya di bagi menjadi sumur dangkal dan dalam / biasa di sebut deep well



proses pengerjaan sumur dangkal

Sumur Dangkal


sumur dangkal biasanya di peruntukan untuk sekala rumah tangga. dimana kemutuhan air yang tidak terlalu besar sehingga harga pekerjaan tidak terlalu mahal karena spek pekerjaan yang tidak terlalu besar. kedalaman sumur dangkal biasanya berkisar antara 15 – 60 meter dn dapat menggunakan pompa jet pum ataupun pompa submersible ( orang juga biasa menyebut pompa satelit )

Sumur dalam / Deep well


sumur dalam atau deepwell adalah sumur yang digunakan pemanfaatan nya untuk skala besar, karena kedalaman yang cukup dalam antara 100 -250 meter dengan spesifikasi sumur yang cukup besar juga, sumur dalam biasanya di peruntukan untukindustri, perkebunan, perternakan, sekolah, rumah sakit, pesantren, ataupun perkantoran, dimana kebutuhan akan air nya cukup besar, untuk pembuatan nya sendiri memerlukan beberapa proses, yang harus di lalui



proses pekerjaan sumur dalam

Langkah Perencanaan Sumur Bor

Perencanaan sumur air tanah memerlukan beberapa hal atau langkah yang harus diperhatikan aga pekerjaan dapat selesai dengan hasi yang baik,

  1. Diameter Sumur
    • Besaran diameter casing yang digunakan   sesuai dengan keperluan
    • Jenis casing yang digunakan dapat berbahan metal, plastik atau serat gelas. Pemilihannya berdasarkan pertimbangan :
      1. Harga barang atau pertimbangan ekonomis
      2. Kualitas air tanah, untuk daerah dengan kualitas korosif dipilih pipa bahan plastik atau metal jenis stainless steel, bukan jenis low carbon..Pertimbangan lain mungkin diperlukan dengan mengingat kondisi lingkungan dan keperluanyaa.
      3. Kemudahan dalam pemasangan, untuk pemboran dengan mesin bor yang cukup kuat dapat menggunakan material dari bahan metal. Penyambungan juga menjadi pertimbangan apakah tersedia mesin las untuk metal atau lem dan baut pasak untuk bahan plastik.
      4. Kemudahan dalam pemeliharaan. Dalam periode tertentu secara berkala, sumur perlu dicuci atau di redevelopment untuk membersihkan kotoran. Proses development dengan tekanan tinggi atau dengaan pengocokan, akan sangat beresiko rusak pada sumur dengan material yang lemah.
  2. Kedalaman Sumur
    • Tergantung pada berapa lapisan akifer yang akan disadap dan potensi akifernya.
    • Penentuan jenis akuifer (tertekan atau tidak) berdasarkan data log bor
    • Besar debit rencana operasi juga menentukan kedalaman sumur
  3. Penggunaan Screen.
    • Pemilihan bahan screen mempunyai pertimbangan yang sama dengan pemilihan casing, namun jumlah air yang dapat disadap oleh sumur dan umur sumur sangat tergantung dengan ukuran lebar celah screen disamping gravel pack.  Lebar celah atau slot opening yang terlalu lebar akan mengurangi kekuatan material meskipun diperoleh air dalam jumlah besar karena rasio Opening area yang besar. Pada screen dengan slot opening yang besar tetapi tidak sinkron denga ukuran gravel pack dapat menyebabkan masuknya pasir atau material formasi batuan kedalam sumur, kemudian akan terpompa dan berakibat popma menjadi lebih cepat rusak.
  4. Gravel Pack
    • Material berupa kerikil yang ditempatkan pada ruang anulus disekitar screen yang berguna sebagai filter untuk menahan material–material batuan pada akifer tidak masuk kedalam sumur dan terpompa.Gravel pack juga berfungsi menstabilkan lubang bor agar tidak runtuh.
  5. Development
    • Proses pembersihan sumur dari lumpur pemboran agar diperoleh produktivitas sumur yang tinggi. Proses development mempunyai banyak metode, yang umum digunakan adalah metode Air Jetting, dengan menggunakan alat kompresor ditiupkan udara bertekanan tinggi kedalam permukaan saringan sumur.
  6. Grouting
    • Suatu lapisan buatan (berupa lapisan semen) yang berfungsi untuk menahan konstruksi lubang bor, menahan rembesan air permukaan atau soil water yang tidak diinginkan masuk kedalam lubang bor, sekaligus sebagai penguat konstruksi sumur didekat permukaan tanah.

Harga pembuatan sumur bor air tanah

dalam proses pengeboran ada beberapa hal yang menjadi penentu harga. harga akan berbeda untuk pebuatan sumur dalam dan hargaa pembuatan sumur dangkal. perbedaaan tersebut utamanya di pengaruhi oleh lokasi pekerjaan karena lokasi yang satu dan lain nya memikliki perbadaan lapisan tanah, ada lapisan tanah yang berbatu ada pula lapisan tanah yang berlumpur, oleh karena itu tahapan survey geolistrik sangat perlu di laksanakan sebagai dasar mengetahui kondisi lapisan tanag di daerah tersebut. selain itu setiap daerah juga berbeda ketersediaan air nya, lokasi pengeboran sangat menentukan untuk harga jasa yang di berikan. selanjutnya untuk spesifikasi sumur dapat di sesuaikan, namum biasanya untuk kisaran harga pengeboran antara Rp 300.000 – Rp 1.100.000 per meter, untuk mendapatkan penawaran terbaik anda dapat menghubungi kami di sini

Jasa Sumur bor dan geolistrik 
Lokasi 
Tunggu Apalagi Segera Hubungi Kami Jika anda Mempunyai Masalah Air Sumur dan Kontruksi serta Kandungan Material Tanah Anda.


Thanks For Visit and Order.

More info
Marketing Office :

081311244499

email : indonesiadrilling@gmail.com

Silahkan berkomentar positif untuk kemajuan ilmu pengeboran di indonesia