Jasa Geolistrik Air Tanah 2022 Update

No Comments

Geolistrik Air tanah

Geolistrik adalah Metoda geofisika yang dapat digunakan untuk meneliti suatu batuan berdasarkan sifat kelistrikan batuan. Dalam hal ini meliputi pengukuran potensial arus dan medan elektromagnetik. yang terjadi baik secara alamiah. ataupun akibat injeksi arus ke dalam bumi.

(Anonim, 2012)
Jasa Geolistrik 2022 Update

Jasa Geolistrik 2022 Update

Jasa Geolistrik 2022 Update

 

Metode Geolistrik

Metode geolistrik secara garis besar dibagi menjadi dua jenis, yaitu geolistrik yang bersifat pasif dan geolistrik yang bersifat aktif. Pada geolistrik yang bersifat pasif, energi yang dibutuhkan telah ada terlebih dahulu sehingga tidak diperlukan adanya injeksi atau pemasukan arus terlebih dahulu. Geolistrik jenis ini disebut Self Potential (SP). Pada geolistrik yang bersifat aktif, energi yang dibutuhkan ada karena penginjeksian arus ke dalam bumi terlebih dahulu. Geolistrik jenis ini dibagi menjadi dua metode, yaitu metode resistivitas (tahanan jenis) dan polarisasi terimbas (induced polarization).

Fungsi Geolistrik

Metode geolistrik lebih efektif bila dipakai untuk eksplorasi yang sifatnya relatif dangkal. Metode ini jarang memberikan informasi lapisan kedalaman yang lebih dari 300 atau 450 meter. Oleh karena itu, metode ini jarang digunakan untuk eksplorasi hidrokarbon. tetapi lebih banyak digunakan untuk bidang engineering geology seperti penentuan kedalaman batuan dasar, pencarian reservoir air, eksplorasi geotermal, dan juga untuk geofisika lingkungan.

Geolistrik Untuk pencarian reservoir air

Metode geolistrik dilakukan dengan cara menginjeksikan arus listrik dengan frekuensi rendah ke permukaan bumi yang kemudian diukur beda potensial di antara dua buah elektroda potensial. Pada keadaan tertentu, pengukuran bawah permukaan dengan arus yang tetap akan diperoleh suatu variasi beda tegangan yang mengakibatkan variasi nilai resistansi. Nilai resistansi akan membawa suatu informasi tentang struktur dan material yang dilewatinya. salah satu struktur yang di lewatinya adala lapisan akuifer dimana reservoir air verda pada lapisan akuifer.

Air tanah / Akuifer

Air merupakan salah satu kebutuhan utama manusia, sehingga ada ilmu pengetahuan khusus yang membahas tentang air yaitu hidrologi. Hidrologi adalah ilmu tentang air baik di atmosfer di permukaan bumi. dan di dalam bumi, tentang terjadinya, perputarannya. serta pengaruhnya terhadap kehidupan yang ada di alam ini (Shiddiqy, 2014).
Air tanah didefinisikan sebagai air yang terdapat di bawah permukaan bumi. Salah satu sumber utamanya adalah air hujan yang meresap ke bawah lewat lubang pori di antara butiran tanah. Air yang berkumpul di bawah permukaan bumi ini disebut akuifer.

jasa bor air tanah

Akuifer adalah

Ada beberapa pengertian akuifer berdasarkan pendapat para ahli, Todd (1955) menyatakan bahwa akuifer berasal dari bahasa latin yaitu aqui dari kata aqua yang berarti air dan kata ferre yang berarti membawa, jadi akuifer adalah lapisan pembawa air. Herlambang (1996) menyatakan bahwa akuifer adalah lapisan tanah yang mengandung air, di mana air ini bergerak di dalam tanah karena adanya ruang antar butir-butir tanah. Berdasarkan kedua pendapat, dapat disimpulkan bahwa akuifer adalah lapisan bawah tanah yang mengandung air dan mampu mengalirkan air. Hal ini disebabkan karena lapisan tersebut bersifat permeable yang mampu mengalirkan air baik karena adanya pori-pori pada lapisan tersebut ataupun memang sifat dari lapisan batuan tertentu.

Cara kerja Geolistrik

Pada metoda geolistrik arus listrik diinjeksikan ke dalam bumi melalui dua elektroda arus, Kemudian beda potensial yang terjadi diukur melalui dua elektroda potensial, Dari hasil pengukuran arus dan beda potensial untuk setiap jarak elektroda yang berbeda kemudian dapat diturunkan variasi harga hambatan jenis masing-masing lapisan dibawah titik ukur (sounding point).

geolistrik Metoda Schlumberger

Metoda ini lebih efektif jika digunakan untuk eksplorasi yang sifatnya dangkal,jarang memberikan informasi lapisan di kedalaman lebih dari 1000 feet atau 1500 feet. Oleh karena itu metoda ini jarang digunakan untuk eksplorasi minyak. tetapi lebih banyak digunakan dalam bidang engineering geology. seperti penentuan kedalaman batuan dasar. pencarian reservoar air. juga digunakan dalam eksplorasi geothermal. Berdasarkan letak (konfigurasi) elektroda-elektroda potensial dan elektroda-elektroda arus, dikenal beberapa
jenis metoda resistivitas tahanan jenis, antara lain :

  • Schlumberger
  • Wenner
  • Dipole Sounding

Jasa Geolistrik

kami sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pengeboran sumur dalam dan sumur dangkal tetu akan selalu behubungan dengan pekerjaan survey geolistrik, karena survey geolistrik adalah tahapan pertama untuk melaksanakan pekerjaan pembuatan sumur dalam, selain sebagai syarat untuk pengurusan ijin pengeboran sumur dalam, survey geolistri juga menjadi dasar untuk penentuan spek konstruksi sumur dalam

Keuntungan menggunakan geolistrik

pada saat akan melaksanakan pengeboran sumur dalam , kita harus mengetahui daerah yang akan kita kerjakan, karena setiap daera memiliki laisan tanah yang berbeda beda, juga ada beberapa daerah yang terdapat kelangkaan air tanah, oleh garena itu sebelum melakukan pengeboran sebaiknya penelitian terhadap daerah yang akan di eksplorasi dilaksanakan terlebih dahulu, agar tidak terjadi kesalakan atau kerugian, adapun keuntungan untuk melasanakan survel geolistrik sebeum pengeboran adalah:

  • mengetahui lapisan tanah atau lithologi tanah yang akan di bor, sehingga kontraktor pengeboran dapat menggunakan alat yang tepat untuk mebuat sumur, hingga waktu pengerjaan bisa efisien
  • mendapatkan kedalaman muka air, dengan mengetahui muka air tanah atau aquifer, kontraktor dapat menghitung anggaran kedalan sumur dengan pasti,
  • mengetahui potensi air tanah di lokasi tersebut, ketika lokasi tersebut memiliki potensi air tanah yang baik maka debit air yang di ingin kan bisa didapat. namu jika potensi air tanah di lokasi tersebut kurang baik, maka pompa dan spek sumur harus disesuaikan ataupun, mencari solusi untuk menyesuaikan debit air yang di perlukan.

Harga survey Gelostrik

dalam menentukan harga untuk pekerjaan geolistrik ada beberapa aspek yang membedakan nya antara lain, jummlah titik lokasi yang akan di ambil sample, luas lokasi, darah lokasi, secara perkiraan harga untuk survei geolistrik antara Rp 1.000.000 sampai 3.000.000 / lokasi. namun anda dapat mendapatkan penawaran terbaik dengan menghubugi kami di:

   
Profesional
   Dengan didukung oleh Tenaga Ahli yang handal dan berpengalaman, maka kami akan memberikan pelayanan jasa pengeboran dan service pompa air yang berkualitas.
Bergaransi
   Kami memberikan pelayanan jasa pengeboran dan service pompa air yang berkualitas dan bisa dipertanggungjawabkan (Bergaransi) untuk menjaga kenyamanan konsumen dalam menggunakan layanan jasa kami.
Harga Hemat
   Untuk menentukan estimasi biaya maka kami memerlukan informasi secara detail tentang keluhan air dan pompa anda (Survei lokasi), setelah itu kami akan memberikan informasi estimasi biaya/harga untuk tindakan selanjutnya.
Respon Cepat
   Kami selalu berusaha melayani dan memberikan solusi secepat mungkin kepada para konsumen dimanapun dan kapanpun.
Kualitas Terjamin
   Pelayanan kami sangat mengutamakan kualitas dari segi kinerja,Teknisi dan spareparts ataupun mesin pompa air yang kami tawarkan untuk anda (dijamin original)
Area Pelayanan Jabodetabek
   kami memberikan pelayanan pengeboran dan service pompa air untuk seluruh wilayah Jakarta dan Sekitarnya (Jabodetabek)
NILAI +
   "Kami mempunyai data hasil pengebopran di beberapa daerah yang airnya kurang baik dan bisa menghasilkan air yang baik. "

Harga Untuk Jasa Pengeboran Sumur   silahkan langsung hubungi customer service kami, dan kami siap melayani.

Klik WA
GUNAKAN JASA PENGEBORAN SUMUR KAMI DENGAN PENGERJAAN TERBAIK DAN TERPERCAYA MANTAPKAN PILIHAN ANDA DI KAMI

Jangan ragu untuk sekedar berkonsultasi tentang Jasa Bore Hole Camera & Uji Sumur Terbaru Anda.

Anda adalah prioritas utama dalam pekerjaan kami.

Technical Support: 24 jam | Sales: Senin-Minggu 07.00 - 21.00

jasageolistrik@gmail.com

Technical Support: 24 jam | Sales: Senin-Minggu 16.00- 21.00

indonesiadrilling@gmail.com

Technical Support: 8 jam | Sales: Senin-kamis 07.00- 15.00

Silahkan berkomentar positif untuk kemajuan ilmu pengeboran di indonesia