Sumur Imbuhan ESDM Syarat Perijinan Penambahan Sumur Baru

No Comments

SUMUR IMBUHAN ESDM SYARAT PERIJINAN PENAMBAHAN SUMUR BARU Air merupakan kebutuhan krusial bagi aktivitas manusia baik untuk konsumsi maupun untuk kegiatan sanitasi. Oleh karena itu menjadi penting untuk menjaga sumber air bersih yang tersedia, terlebih dalam situasi ekstrem seperti kekeringan atau banjir besar Dalam dunia teknik, salah satu metode yang sudah lama dikenal untuk dapat mengatasi permasalahan terkait dengan pasokan air adalah sumur imbuhan. Sumur imbuhan merupakan rekayasa teknik yang dibangun dengan cara menggali lubang di tanah yang dimaksudkan untuk menampung air dari alam seperti air hujan.

Sumur Imbuhan 

Sebagai metode yang tidak terlalu memakan banyak biaya, pembuatan sumur imbuhan atau imbuhan banyak disarankan sebagai solusi pengelolaan air bagi negara-negara berkembang. Berbeda dengan negara-negara berkembang, di beberapa negara maju sumur imbuhan atau sumur imbuhan banyak dibangun di daerah yang dilewati oleh aliran sungai.
sumur imbuhan
Skema Sumur Imbuhan 

MANFAAT DARI PEMBUATAN SUMUR IMBUHAN

Sumur Imbuhan bekerja dengan cara menampung limpahan air hujan yang meresap ke lapisan tanah yang permeabel untuk dialirkan ke tempat penyimpanan air yang dibuat di bawah permukaan tanah. Selain sebagai tempat penampung air tanah, keberadaan sumur imbuhan juga berperan penting untuk menahan laju erosi atau longsor pada tanah yang diakibatkan terkikis oleh air di permukaan. Dalam makalahnya yang berjudul “Teknologi Konservasi Lingkungan dalam Bentuk Sumur Imbuhan”, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi mengemukakan ada beberapa manfaat riil dari sumur Imbuhan, diantaranya adalah






sumur imbuhan

MEMPERTAHANKAN TINGGI AIR TANAH

Tidak dapat dipungkiri air tanah merupakan salah satu sumber pasokan air bersih terbesar bagi aktivitas orang banyak. Namun, penggunaan air tanah secara masif tanpa diiringi oleh langkah konservasi balasan dapat berdampak pada menurunnya permukaan tanah. Diperparah oleh pemanasan global yang menyebabkan naiknya permukaan air laut, daratan yang semula tidak terkena air dapat terancam tenggelam. Sebagai metode konservasi air, sumur imbuhan mencegah hal ini dengan memberikan ruang kepada lapisan tanah bawah agar tidak jenuh air yang mengakibatkan muka tanah menurun. Tingkat air tanah yang stabil dapat meminimalisir tingkat penurunan permukaan air tanah.






sumur imbuhan

MENURUNKAN RESIKO PENCEMARAN AIR TANAH

Selain beresiko menurunkan permukaan tanah dan mengubah struktur, penggunaan air tanah secara besar-besaran juga dapat menyebabkan air tanah menjadi terkontaminasi. Salah satu penyebab kontaminasi pada air tanah yang digunanak adalah ancaman dari intrusi air laut yang terjadi khususnya di pemukiman dekat dengan laut. Instrusi laut dapat terjadi akibat jenuhnya tanah sehingga pori pada tanah dapat dimasuki oleh bahan lain. Selain itu badan air tanah yang tidak terlindungi juga beresiko terkena substansi lain seperti bahan kimia. Adanya konstruksi konservasi air dapat mencegah hal ini lantaran sumur imbuhan dibuat dengan bahan yang non-permeable sehingga dapat dipastikan aman dari infiltrasi air

MENGURANGI KEBUTUHAN DRAINASE

Drainase atau saluran air merupakan konstruksi yang diperuntukkan untuk mengalirkan limpasan air dalam jumlah besar akibat situasi ekstrem seperti banjir ataupun air bah. Meskipun merupakan solusi yang lazim digunakan, pembuatan drainase secara prinsip tidak mendukung proses pemanfaatan air kembali dan dianggap bukan merupakan solusi yang berkelanjutan. Dengan adanya sumur imbuhan, pemerintah setempat dapat mengurangi ketergantungan terhadap solusi pembuatan drainase secara besar-besaran.






sumur imbuhan

MENDUKUNG PERKEMBANGAN BISNIS AKUAKULTUR

Akuakultur merupakan istilah untuk menggambarkan usaha perikanan yang dikelola di tempat terpadu dan bukan berasal dari alam lepas.
Karena merupakan usaha perikanan yang dikelola langsung oleh manusia, pengelolaan tempat ikan seperti kolam atau tambak perlu mendapat penanganan.
Dalam makalah mengenai perikanan yang ditulis oleh Monikandon Sukumaran, Mohammad Tanveer, dan Kesavan Devarayan mengungkapkan pentingnya peran sumur imbuhan dalam mendukung industri akuakultur di India.
Di India, musim panas yang mendatangkan suhu yang amat tinggi dapat mengakibatkan menurunnya kandungan air tanah yang menjadi sumber air bagi kolam pembesaran ikan.
Keberadaan sumur imbuhan yang tetap menyimpan air di musim kering sekalipun menjadi andalan bagi industri akuakultur di wilayah setempat.






sumur imbuhan

TEKNIK-TEKNIK PEMBUATAN SUMUR IMBUHAN

Meskipun secara teknis pembuatan sumur imbuhan dalam dunia teknik tidak memiliki perbedaan signifikan namun ada berbagai variasi metode pembuatan sumur imbuhan.
Adapun metode-metode yang dikenal dalam pembuatan sumur imbuhan tersebut meliputi
baca juga

RCC BOX CULVERT ATAU REINFORCED CONCRETE

RCC Box Culvert atau dalam bahasa sederhananya adalah pembuatan sumur imbuhan dengan dominan beton dan saluran jalur air dari tanah dibangun dengan besi penyangga.
Meskipun mudah untuk dieksekusi, ada dua kelemahan yang membuatnya tidak banyak dipilih yaitu
  • Besi penyangga sebagai jalur air dari lapisan tanah tidak memiliki jaminan daya tahan konstruksi dan mengakibatkan erosi sehingga tidak dapat mengalirkan air dengan sempurna.
  • Potensi erosi dari talang jalur air tersebut dapat mengakibatkan ongkos untuk pembuatan jalur air membengkak.

BLOCKWORK

Pengunaan Blockwork atau yang dikenal di sini dengan nama batako menjadi pilihan yang cukup banyak digunakan untuk membuat sumur imbuhan.
Sumur dibangun dengan melakukan penyemenan terhadap batako tanpa dilapis dengan semen serta memiliki dasar sumur berupa beton.
Lembaga Irigasi Baluchistan yang mengurus sistem pengairan di wilayah tersebut mengungkapkan bahwa teknologi ini tidak memiliki banyak resiko berarti seperti ancaman longsor pada sumur.






sumur imbuhan

PERFORATED CONCRETE PIPES

Perforated Concrete Pipes adalah metode pembuatan sumur imbuhan yang dilakukan dengan memasang pipa beton (concrete) berukuran besar dengan berat sekitar 450 kg yang langsung ditancapkan di tanah.
Proses pengerjaan sumur imbuhan dengan metode ini terbilang sederhana karena tidak melibatkan pengerjaan konstruksi tambahan untuk dasar sumur, namun air yang ditampung beresiko dapat merembes ke lapisan tanah lainnya.

GALVANIZED PERFORATED STEEL DRAINAGE PIPES

Metode pembuatan sumur imbuhan ini bertumpu kepada penggunaan baja yang dibentuk sedemikian rupa untuk menampung air dari permukaan tanah dan lapisan akuifer.
Bahan yang digunakan adalah baja ringan yang mengalami proses pemanasan hingga berbentuk ulir.
Karena merupakan baja ringan, pengerjaan konstruksi tidak memakan waktu lama untuk penyelesaian.
Kendala yang dihadapi dengan metode ini adalah bahan baku baja yang sulit untuk didapatkan serta keberadaan teknologi pemrosesannya.






sumur imbuhan

ANALISA EKONOMI DARI PEMBUATAN SUMUR IMBUHAN

Sebagai teknologi andalan dalam menyimpan muatan air, pembuatan sumur imbuhan juga memiliki keunggulan dari segi biaya intrinsik yang harus dikeluarkan untuk proses pembuatan hingga pemeliharaan.
Adalah Australia Water Recycling Centre of Excellence yang menguji nilai ekonomis dari sumur imbuhan dengan penampungan darat.
Skema pengujian yang dilakukan menggunana model pendekatan cost-benefit yang yang menekankan pada pengeluaran yang dibutuhkan berbanding dengan hasil yang diperoleh
Model pendekatan cost-benefit ini memasukkan sejumlah faktor seperti jumlah volume yang dapat disuplai oleh kedua jenis tempat penampungan, Modal Pengerjaan, Biaya pembuatan saluran air yang dapat dihemat, hingga keuntungan lingkungan sosial yang dapat diraih.
Pengujian dilakukan dengan asumsi bahwa kedua metode ini sama-sama mengolah sekitar 28,500 Kiloliter air pertahunnya dan dipatok untuk usia 50 tahun.
Dari hasi analisa dan simulasi yang dilakukan, tercatat pembuatan sumur imbuhan lebih efiisien dibandingkan dengan instalasi pengolahan di permukaan.
Dalam jurnalnya, AWR memperlihatkan bahwa biaya modal atau Capital Expenditure dari proyek sumur imbuhan hanya sekitar 1/5 dari modal untuk membuat instalasi di permukaan.
Selain memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan dengan membuat instalasi penadahan air di atas tanah, sumur imbuhan juga dapat membantu regenerasi akuifer lebih cepat.
Hasil analisa lainnya juga mengungkapkan perbandingan nilai ekonomi antara penggunaan air tanah dengan penggunaan sumur imbuhan.
Dalam ujicoba yang dilakukan AWR di kota Cambridge, nilai ekonomis untuk penampungan air non sumur lebih baik dibandingkan dengan sumur imbuhan, namun sumur imbuhan lebih menjanjikan solusi yang berkelanjutan (sustainable).




Joko Murdiyanto, S.T - 081311244499 
Halo Berapa Harga Pembuatan Sumur Imbuhan 
E-mail :Indonesiadrilling@gmail.com

Tersedia jasa : bore pile dan strous pile di seluruh indonesia.




Angkat Telepon Anda dan Hubungi Kami

Jangan ragu untuk sekedar berkonsultasi tentang pembuatan sumur imbuhan jasa Bore Pile dan Strous Pile Anda. Anda adalah prioritas utama dalam pekerjaan kami.


Technical Support: 24 jam | Sales: Senin-Minggu 07.00 - 21.00

jasageolistrik@gmail.com

Technical Support: 24 jam | Sales: Senin-Minggu 09.00 - 21.00





Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  PROVINSI ACEH 
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Banda Aceh, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Langsa, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Lhokseumawe, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sabang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Subulussalam, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Meulaboh, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Blangpidie, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kota Jantho, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Calang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tapak Tuan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Singkil, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Karang Baru, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Takengon, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kutacane, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Idi Rayeuk, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Lhoksukon, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Simpang Tiga Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Redelong, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bireuen, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Blang Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kejeren, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Suka Makmue, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sigli, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Meureudu, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sinabang

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  SUMATERA UTARA
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kisaran, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Limapuluh, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sidikalang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Lubuk Pakam, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Dolok Sanggul, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kabanjahe, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Rantau Prapat, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kota Pinang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Aek Kanopan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Stabat, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Panyabungan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Gunung Sitoli, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Lahomi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Teluk Dalam, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Lotu, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sibuhuan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Gunung Tua, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Salak, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pangururan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sei Rampah, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Raya, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sipirok, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pandan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tarutung, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Balige, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Binjai Kota, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Gunungsitoli, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Medan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Padangsidimpuan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pematangsiantar, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sibolga, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tanjungbalai, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tebing Tinggi

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  PROVINSI SUMATERA BARAT
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Lubuk Basung, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pulau Punjung, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tuapejat, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sarilamak, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Parit Malintang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Lubuk Sikaping, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Simpang Ampek, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Painan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Muaro Sijunjung, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Arosuka, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Padang Aro, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Batusangkar, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bukit Tinggi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Padang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Padangpanjang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pariaman, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Payakumbuh, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sawahlunto

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  RIAU
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bengkalis, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tembilahan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Rengat, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bangkinang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Taluk Kuantan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pangkalan Kerinci, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bagan Siapi-api, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pasir Pengaraian, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Siak Sri Indrapura, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Selatpanjang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Dumai, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pekanbaru

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  KEPULAUAN RIAU
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bandar Seri Bentan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tanjung Balai Karimun, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tarempa, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Daik, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Ranai, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Batam, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tanjung Pinang

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  JAMBI
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Muara Bulian, Muara Bungo, Siulak, Bangko, Sengeti, Sarolangun, Kuala Tungkal, Muara Sabak, Muara Tebo, Jambi, Sungai Penuh

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  SUMATERA SELATAN
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pangkalan Balai, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tebing Tinggi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Lahat, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Muara Enim, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sekayu, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Muara Beliti, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Rupit, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Indralaya, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kota Kayu Agung, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Baturaja, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Muaradua, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Talang Ubi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Martapura, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Lubuklinggau, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pagar Alam, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Palembang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Prabumulih

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  BANGKA BELITUNG
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sungai Liat, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Muntok, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Toboali, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Koba, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tanjung Pandan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Manggar, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pangkal Pinang

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  BENGKULU 
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kota Manna, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Karang Tinggi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Arga Makmur, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bintuhan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kepahiang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Muara Aman, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Mukomuko, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Curup, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tais, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bengkulu

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  LAMPUNG
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Liwa, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sukadana, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Wiralaga Mulya, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Gedong Tataan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Krui, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pringsewu, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Menggala, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tulang Bawang Tengah, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kota Agung, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Blambangan Umpu, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tanjung Karang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Metro Pusat

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  DKI JAKARTA 
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pulau Pramuka, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kembangan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Menteng, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kebayoran Baru, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Cakung, Koja

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  JAWA TIMUR 
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bangkalan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Banyuwangi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kanigoro, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bojonegoro, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bondowoso, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Gresik, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Jember, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Jombang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Ngasem, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Lamongan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Lumajang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Caruban, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Magetan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kepanjen, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Mojosari, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Nganjuk, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Ngawi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pacitan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pamekasan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bangil, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Ponorogo, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kraksaan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sampang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sidoarjo, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Situbondo, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sumenep, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Trenggalek, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tuban, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tulungagung, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kota Batu, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Blitar, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kediri, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Madiun, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Malang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Mojokerto, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pasuruan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Probolinggo, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Surabaya

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  JAWA BARAT
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Soreang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Ngamprah, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Cikarang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Cibinong, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Ciamis, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  ianjur

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  BANTEN
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Rangkasbitung, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pandeglang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Ciruas, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tigaraksa, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Cilegon, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Serang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tangerang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tangerang Selatan

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  JAWA TENGAH
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Banjarnegara, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Purwokerto, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Batang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Blora, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Boyolali, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kota Brebes, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Cilacap, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Demak, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Purwodadi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Jepara, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Karanganyar, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kebumen, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kendal, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kota Klaten, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kudus, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kota Mungkid, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pati, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kajen, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kota Pemalang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Purbalingga, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Purworejo, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Rembang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Ungaran, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sragen, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sukoharjo, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Slawi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Temanggung, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Wonogiri, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Wonosobo, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Magelang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pekalongan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Salatiga, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Semarang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Surakarta, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tegal

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  DI YOGYAKARTA
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bantul, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Wonosari, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Wates, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sleman, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Yogyakarta

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  BALI
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Mangupura, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bangli, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Singaraja, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Gianyar, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Negara, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Amlapura, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Semarapura, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tabanan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Denpasar

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  NUSA TENGGARA BARAT
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Woha, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Dompu, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Gerung, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Praya, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Selong, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tanjung, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sumbawa Besar, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Taliwang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bima, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Mataram

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  NUSA TENGGARA TIMUR
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kalabahi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Atambua, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Ende, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Larantuka, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Oelamasi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Lewoleba, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Betun, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Ruteng, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Labuan Bajo, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Borong, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bajawa, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Mbay, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Baa, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Seba, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Maumere, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Waikabubak, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tambolaka, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Waibakul, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Waingapu, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Soe, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kefamenanu, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kupang

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  KALIMANTAN BARAT
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bengkayang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Putussibau, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sukadana, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tumbang Titi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sungai Raya, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Ngabang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Nanga Pinoh, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sungai Kunyit, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pemangkat, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sanggau, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sekadau, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sintang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pontianak, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Singkawang

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  KALIMANTAN SELATAN
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Paringin, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Martapura, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Marabahan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kandangan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Barabai, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Amuntai, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kotabaru, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tanjung, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Batulicin, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pelaihari, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Rantau, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Banjarbaru, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Banjarmasin

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  KALIMANTAN TENGAH
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Buntok, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tamiang Layang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Muara Teweh, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kuala Kurun, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kuala Kapuas, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kasongan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pangkalan Bun, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sampit, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Nanga Bulik, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Puruk Cahu, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pulang Pisau, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sukamara, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kuala Pembuang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Palangka Raya

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  KALIMANTAN TIMUR
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tanjung Redeb, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sendawar, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tenggarong, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sangatta, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tana Paser, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Penajam, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Ujoh Bilang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Balikpapan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bontang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Samarinda

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  KALIMANTAN UTARA
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Nunukan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Malinau, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tanjung Selor, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tideng Pale, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tarakan

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  SULAWESI SELATAN
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bantaeng, Barru, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Watampone, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bulukumba, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Enrekang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sungguminasa, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bontosunggu, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Benteng, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Belopa, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Malili, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Masamba, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Turikale, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pangkajene, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pinrang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Watang Sidenreng, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sinjai, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Watansoppeng, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pattallassang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Makale, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Rantepao, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sengkang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Makassar, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Palopo, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Parepare

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  SULAWESI TENGGARA
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Rumbia, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pasarwajo, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Batauga, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Labungkari, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Buranga, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kolaka, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tirawuta, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Lasusua, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Unaaha, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Langara, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Andolo, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Wanggudu, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Raha, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Laworo, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Wangi-Wangi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kota Bau-Bau, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kota Kendari

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  SULAWESI TENGAH
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Luwuk, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Salakan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Banggai, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Buol, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Donggala, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bungku, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kolonedale, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Parigi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Poso, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sigi Biromaru, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Ampana, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tolitoli, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Palu

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  SULAWESI UTARA
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Lolak, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bolaang Uki, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tutuyan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Boroko, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tahuna, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Ondong Siau, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Melonguane, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tondano, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Amurang, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Ratahan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Airmadidi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bitung, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kotamobagu, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Manado, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tomohon

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  SULAWESI BARAT
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Majene, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Mamasa, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kalukku, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tobadak, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Pasangkayu, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Polewali

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  MALUKU
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Namlea, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Namrole, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Dobo, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tiakur, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Masohi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Langgur, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Saumlaki, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Piru, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bula, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Ambon, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tual

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  MALUKU UTARA
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Jailolo, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Weda, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Maba, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Labuha, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tobelo, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sanana, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Daruba, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bobong, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kota Ternate, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kota Tidore Kepulauan

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  PAPUA
Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Agats, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Biak, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tanah Merah, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tigi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kigamani, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sugapa, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sentani, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Wamena, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Waris, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Serui, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Tiom, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Burmeso, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kobakma, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kepi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Merauke, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Timika, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Nabire, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kenyam, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Enarotali, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Oksibil, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Ilaga, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kotamulia, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sarmi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sorendiweri, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Karubaga, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Botawa, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sumohai, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Elelim, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Jayapura

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  PAPUA BARAT

Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Fakfak, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kaimana, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Manokwari, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Ransiki, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Kumurkek, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Anggi, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Waisai, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Aimas, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Teminabuan, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Fef, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Bintuni, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Rasiei, Ilmupengeboran.com sumur imbuhan di  Sorog

Silahkan berkomentar positif untuk kemajuan ilmu pengeboran di indonesia